Breaking News

Keren!!! Pencarian Alien akan semakin Mudah dengan Menggunakan alat ini

James Webb

Ariefblog - Teknologi. NASA di Kabarkan merilis teleskop buatan terbarunya,  James Webb, The next one years .dikabarkan alat tersebut akan menggantikan teleskop sebelumnya yaitu Hubble yang sudah beroperasi selama 25 tahun lamanya.



Teleskop luar angkasa yang pernah dibangun telah melewati lebih banyak uji coba menjelang peluncuran 2018. Teleskop James Webb, yang dijuluki "Super Hubble". adalah observatorium ruang paling maju di dunia dan akan memungkinkan para astronom untuk mengintip 13.5 miliar tahun ke masa lalu.

James Webb dirancang guna memngungkap beberapa misteri terbesar alam semesta, mulai dari menemukan bintang pertama dan galaksi yang terbentuk setelahledakan besar untuk mempelajari atmosfer palnet di sedikat bintang lainya.

Kini NASA telah Menyelesaikan komunikasi end - to -end pertamanya antara teleskop dan pusat operasi misinya.

Teleskop Hubble tersebut sudah banyak memberikan manfaatnya namun Hubble masih dianggap kurang Memadai maka dari itu NASA menggantikan dengan teleskop terbarunya yang bernama James Webb yang dianggap memiliki kelebihan 100 kali lipat ditimbang Hubble bahkan James Webb digadang Mampu memberikan Tampilan kondisi alam semesta 200 juta tahun lalu.

Dilansir melalui Daily Mail, Jumat 24 April 2015, NASA menggambarkan teleskop ini sebagai 'mesin waktu yang canggih dan kuat'. Di dalamnya terdapat teknologi penglihatan inframerah yang bisa memunculkan gambaran sebuah objek di masa lalu, bahkan jauh sekitar 13,5 miliar tahun lalu.
James Webb digunakan untuk meneliti awal terbentuknya bintang dan galaksi yang kabarnya terbentuk dari wilayah gelap di awal penciptaan alam semesta.

Banyak orang yang keberatan karena biaya pembuatan Webb sangat besar, mencapai US$8,8 miliar. Angka ini melonjak drastis dari estimasi sebelumnya yang hanya sekitar US$3,5 miliar.

"Kami yakin bisa membuatnya beroperasi pada Oktober 2018. Webb benar-benar bisa melihat tahap awal pembentukan galaksi alam semesta. Dengan kemampuan Webb, kita juga bisa melihat bagian tergelap dari alam semesta, tempat bintang pertama kali lahir," ujar Mark Clampin, ilmuwan yang bertanggung jawab dalam proyek teleskop Webb.

Teleskop luar angkasa itu memiliki berat sekitar 6,4 ton. Cermin utama yang digunakan pada teleskop Webb berdiameter 6,5 meter, atau tiga kali lebih besar dari Hubble.

Proyek ini adalah patungan antara NASA dan badan luar angkasa Eropa dan Kanada. Webb dilengkapi dengan empat instrumen utama termasuk kamera dan spektrometer yang bisa menangkap sinyal lemah yang ekstrem. 

"Kemampuan inframerahnya bisa membantu mengobservasi benda langit yang jaraknya terjauh sekalipun. Bahkan shutter kamera Webb bisa dibiarkan terbuka terus menerus dalam waktu yang lama," ujar ilmuwan lain untuk proyek ini, Matt Greenhouse.

Tidak ada komentar